Langsung ke konten utama

10 Manfaat dan Kegunaan Trekking Pole

Manfaat dan Kegunaan Trekking Pole

Trekking pole memang multifungsi. Selain dipakai orang jompo dan tunanetra buat alat bantu menyeberang jalan, alat ini juga dipakai buat naik gunung. Dulu awal mulanya iseng nyobain trekking pole punya temen. Setelah saya coba ternyata enak bener. Akhirnya saya ikutan beli. Sempet pesimis: apa benar bisa meringankan beban pendaki supaya tak mudah capek. Ternyata manfaatnya gak cuma itu aja. Berikut ini 10 manfaat dan kegunaan trekking pole.


1. Membantu menopang kaki
Fungsi utama trekking pole yakni untuk membantu pijakan kaki saat berjalan supaya beban di kaki jadi berkurang. Dengan begitu kita akan menghemat tenaga sehingga gak gampang capek. Sebuah riset tahun 1999 dari The Journal of Sports Medicine mendapati bahwa trekking pole membantu mengurangi beban di kaki sebesar 25% persen.


2. Menjaga ritme saat berjalan
Layaknya penari balet, orang berjalan pun ada ritmenya. Ritme ini penting sekali dalam mendaki supaya tidak terlalu memforsir tenaga. Dengan menggunakan trekking pole maka akan mudah mengatur ritme berjalan biar tetap stabil.


3. Mempercepat langkah 
Trekking pole tak ubahnya seperti dayung yang mampu mempercepat langkah. Bagi pendaki kura-kura seperti saya, wajib pakai alat yang satu ini.


4. Membantu pengereman
Tak hanya kendaraan, pendaki juga butuh rem. Terlebih saat turun. Apabila rem blong, bisa terus terjerembab hingga jatuh ke jurang. Tentunya kita tidak menginginkan hal tersebut.


5. Menjaga keseimbangan badan
Ketika melewati medan yang sulit atau saat menyeberangi sungai yang licin, trekking pole bisa digunakan untuk menjaga keseimbangan badan.


6. Sebagai penopang saat rehat sejenak
Meski kedengaran sepele, namun jangan salah. Bagi pendaki cupu seperti saya yang banyak istirahatnya, trekking pole bisa dijadikan sandaran untuk menopang badan saat rehat sejenak.


7. Alat buat mengecek kondisi tanah
Apa maksudnya? trekking pole bisa digunakan untuk mengetes kondisi tanah sebelum kita melangkahinya. Contohnya pada tanah yang gembur atau ranting yang sudah lapuk. Jika ragu, gunakan trekking pole dulu buat ngetes: aman dijadikan pijakan atau tidak. Jangan asal injak biar gak terperosok.


8. Menyibak semak belukar dan ranting-ranting tanaman
Kadang saat trekking kita melewati vegetasi yang rapat. Trekking pole berguna untuk menyibak tanaman supaya gak mengenai wajah atau badan kita. Terutama dari tumbuhan berduri yang sangat nyebelin.


9. Senjata buat mengusir hewan liar
Trekking pole bisa dijadikan senjata buat mengusir hewan-hewan liar seperti ular, monyet, anjing, babi ngepet, dan juga T-Rex.


10. Bisa dipakai buat penyanggah shelter
Gunakan trekking pole sebagai penyanggah shelter. Cara ini sangat praktis karena panjang trekking pole bisa diatur sendiri sesuai kebutuhan. Contohnya seperti foto di bawah ini.

Manfaat dan Kegunaan Trekking Pole


Nah setelah tahu berbagai manfaat dan kegunaan trekking pole, pasti anda tertarik mencobanya. Bagi yang suka nyinyir: yaelah, ndaki aja kok pake tongkat segala, emangnya situ akik-akik? mungkin mereka belum pernah nyobain trekking pole. Biarin aja. Mereka gak tahu nikmatnya mendaki gunung pakai tongkat ajaib. Jika anda punya masukan lain tentang menfaat trekking pole, silakan kasih komentar di bawah.