Langsung ke konten utama

Tips Merawat dan Mencuci Sepatu Gunung

Tips Merawat dan Mencuci Sepatu Gunung

Sebelumnya sudah saya bahas mengenai tips memilih sepatu gunung beserta macam-macamnya, kali ini akan saya berikan tips membersihkan dan merawatnya. Sepatu gunung memang sering dipakai berkotor-kotor. Apalagi saat musim hujan yang tak jarang hingga berlumpur. Kerikil dan pasir yang masuk ke dalam celah sepatu akan menyumbat pori-porinya. Jika dibiarkan terus-menerus akan merusak lapisan sepatu

Maka dari itu, segera cuci jika sudah kotor. Untuk mencuci diperlukan sikat halus dan sabun cuci berkonsentrat rendah. Jangan pakai detergen karena bisa merusak lapisan kulit dan membran sepatu. Lebih baik lagi jika menggunakan sabun cuci khusus untuk sepatu outdoor semisal Nikwax Footwear Cleaning Gell, Fibertec Shoe Care Set, atau Grangers Footwear and Gear Cleaner. Sayangnya produk-produk tersebut jarang ada di Indonesia. Untuk mensiasatinya saya biasa pakai sampo bayi.


Tips mencuci sepatu gunung
  1. Lepas tali sepatu dan insoles-nya.
  2. Keluarkan kotoran yang ada di dalam sepatu dengan cara mengetukkannya ke bawah.
  3. Jika ada kerikil di celah sol sepatu, congkel dengan gunting atau pisau.
  4. Siapkan bak pencucian yang sudah dicampur dengan detergen berkonsentrat rendah.
  5. Sikat permukaan sepatu secara perlahan, jangan terlalu keras.
  6. Bilas dengan air yang baru (masih di dalam bak pencucian).
  7. Ulangi langkah no. 5 dan 6 hingga dirasa cukup.
  8. Bilas di bawah kran atau pancuran air supaya sisa-sisa kotoran bisa terbilas sempurna.
  9. Keringkan sepatu di tempat teduh. Jangan menjemur di terik matahari karena akan membuatnya kaku. Kalau kaku akan retak-retak dan mengelupas nantinya. Jika ingin cepat kering bisa pakai bantuan kipas angin. Jejalkan koran atau kertas bekas ke dalam sepatu untuk mempercepat proses pengeringan.


Tips menyimpan sepatu gunung
Simpan di tempat kering dan tidak lembab. Jangan menyimpannya di tempat yang tertutup tanpa ventilasi udara seperti di dalam tas kresek. Taruh kamper atau kapur barus ke dalam sepatu agar tidak jamuran. Hindari memakai sepatu di air asin seperti di pantai karena bisa merusak logam sepatu.