Langsung ke konten utama

Tips Merawat dan Mencuci Sleeping Bag

Tips Merawat dan Mencuci Sleeping Bag

Seperti pakaian dan peralatan mendaki gunung lainnya, sleeping bag juga butuh perawatan supaya awet. Perawatan yang benar akan menjamin sleeping dalam kondisi prima. Terlebih lagi bagian filling-nya karena lapisan inilah yang paling vital lantaran fungsinya sebagai insulator. Untuk tips memilih sleeping bag bisa anda baca disini.


Tips ketika memakai sleeping bag:
  1. Pakai pakaian yang bersih dan kering sebelum memakai sleeping bag supaya tidak kemasukan kotoran.
  2. Gunakan matras atau sleeping pad di bawahnya. Jangan menaruh sleeping bag di permukaan yang keras karena bisa merobek lapisan kainnya.
  3. Jangan merokok atau memasak saat memakai sleeping bag. Bakal langsung bolong bila terkena bara api meski cuma setetes aja.
  4. Jangan makan atau nyemil saat memakai sleeping bag. Tanpa disadari, sisa makanan bisa masuk ke dalamnya. Jika lupa dibersihkan akan ditumbuhi jamur.
  5. Jangan banyak gerak. Kadang tanpa sadar ketika dipakai duduk, sleeping bag molor dan bisa robek jahitannya. 
  6. Ini poin yang gak kalah penting. Jangan sembarangan minjemin sleeping bag karena belum tentu teman anda itu tahu cara merawatnya. Maksudnya sih baik. Pengin ngembaliin dalam keadaan bersih dan wangi. Padahal nyuci sleeping bag gak boleh asal-asalan.


Tips mencuci sleeping bag:
  1. Siapkan bak pencucian yang akan digunakan. Isi dengan air bersih.
  2. Tutup semua risleting dan velcro yang ada. Longgarkan puller-nya jika ada.
  3. Rendamlah dahulu untuk beberapa saat. 5-10 menit saja cukup. Jangan terlalu lama.
  4. Tambahkan sabun non-detergen ke dalam bak pencucian. Tuang secukupnya, tidak perlu banyak-banyak. Gunakan produk yang khusus untuk mencuci sleeping bag. Contohnya: Nikwax Down Wash atau Grangers Down Wash. Karena produk-produk tersebut jarang ditemukan di Indonesia dan jika ada harganya pun mahal, maka sebagai gantinya saya biasa pakai sampo bayi karena berkonsentrat rendah, mudah di dapat, dan harganya murah. Ingat! jangan menggunakan detergen atau pemutih.
  5. Kucek lembut hingga merata ke seluruh permukaan sleeping bag. Jika ada noda membandel, gunakan sikat yang halus. Gosok satu arah saja dan jangan terlalu keras.
  6. Setelah selesai, bilas dengan air bersih yang baru. Ulangi lagi bila dirasa perlu hingga sudah tidak ada lagi sisa-sisa sampo.
  7. Jangan membilas sleeping bag dengan cara memeras/memelintir karena akan merusak lapisan filling-nya. Cukup di celup-celupkan saja.
  8. Keringkan di tempat teduh.
  9. Kalau sleeping bag masih bau, bisa disemprot pakai pewangi pakaian.
  10. Jangan disetrika karena panas berlebih akan merusak lapisan kainnya.
  11. Jangan di laundry.


Tips menyimpan sleeping bag:
  1. Jangan langsung dimasukkan ke kantongnya tiap selesai mendaki. Jemurlah dulu di tempat yang teduh.
  2. Ketika di rumah, jangan menyimpan sleeping bag di dalam kantongnya karena bisa merusak lapisan filling-nya. Kantong yang ketat akan membuat sleeping bag tidak bisa mengembang sehingga insulasinya berkurang. Terlebih lagi sleeping bag yang berbahan down. Ini kesalahan yang sering dilakukan pendaki.
  3. Jangan sering-sering mengompres sleeping bag. Jangan tergoda meski packingnya bisa diperkecil dengan mengetatkan tali kompresi di kantongnya. Alasannya sama seperti nomor dua. Bisa merusak lapisan filling-nya.
  4. Simpan sleeping bag di tempat kering dan tidak lembab.
  5. Taruh kamper atau kapur barus supaya gak jamuran.
  6. Bila tidak digunakan dalam waktu lama, sesekali jemurlah sleeping bag. Cukup di angin-anginkan saja di tempat teduh.

Itulah tips merawat dan mencuci sleeping bag. Silakan kasih komentar jika ada yang ingin ditanyakan dan jangan lupa bagikan artikel ini jika bermanfaat.